SAILOR MOON

SAILOR MOON

Kamis, 16 Januari 2014

MAKALAH : PERKEMBANGAN ILMU AKUNTANSI DIDALAM DUNIA PENDIDIKAN



PERKEMBANGAN ILMU AKUNTANSI DI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
MAKALAH
diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia



Oleh 








KATA PENGANTAR


Puji dan syurkur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya  makalah yang berjudul Perkembangan Ilmu Akuntansi di Dalam Dunia Pendidikan dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
            Penulisan dan pembuatan makalah ini bertujuan untuk menyelesaikan salah satu tugas dari mata kuliah Bahasa Indonesia di Universitas 
            Namun dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan baik secara teknis maupun secara materi, oleh karena itu saran dan kritik sangat penulis harapkan demi penyempurnaan  makalah ini.
            Dalam pembuatan makalah ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan pembuatan makalah ini, terutama kepada Bapak selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia yang telah memberikan bimbingan dan saran sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.
            Semoga makalah yang telah penulis susun ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri.


Bandung, Desember 2013


Penulis



DAFTAR ISI




BAB I                                                                                                           PENDAHULUAN



1.1    Latar Belakang


Akuntansi sangat dibutuhkan diberbagai bidang usaha dan lembaga, karena setiap pencatatan mengenai keuangan yang berupa penerimaan maupun pengeluaran akan menghasilkan laporan keuangan yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk mengetahui apakah perusahaan itu untung atau rugi, sehingga perusahaan dapat merencanakan kegiatan selanjutnya agar perusahaan bisa terus berjalan dengan baik. Laporan keuangan tersebut juga dibutuhkan oleh para investor yang akan menanamkan modalnya diperusahaan tersebut, karena investor tersebut perlu mempertimbangkan apakah perusahaan itu memiliki keuangan yang sehat sehingga mereka aman menanamkan modalnya disana.
Dalam perusahaan jasa maupun perusahaan dagang membutuhkan seorang akuntan yang profesional, yaitu seorang akuntan yang andal dan teliti dalam berkerja, serta jujur dalam menjalankan tugasnya agar perusahaan tersebut memperoleh laporan keuangan yang baik dan sebenarnya. karena dengan laporan keuangan yang bermasalah dan tidak jujur maka kelak akan menimbulkan masalah besar kepada perusahaan tersebut.
Untuk menciptakan seorang akuntan yang profesional haruslah melalui proses pendidikan yang baik bukan hanya mengenai pengetahuan akuntansinya saja tetapi secara moral maupun intelektualnya juga haruslah berkualitas, proses tersebut dapat diperoleh melalui pendidikan formal seperti di Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan, dan juga ditingkat Perguruan Tinggi.
Seiring perkembangan zaman pertumbuhan ekonomi terus meningkat sehingga menuntut kinerja seorang akuntan untuk bisa menjadi lebih produktif dan persaingan pun semakin ketat baik nasional maupun internasional, maka pendidikan ilmu akuntansi haruslah berkembang mengikuti keadaan sehingga dapat menghasilkan akuntan-akuntan yang dibutuhkan dengan berkualitas dan dapat bersaing didunia kerja.
Tentu saja perkembangan pendidikan ilmu akuntansi tak bisa terjadi dengan sendirinya, dibutuhkan peran pemerintah dan dinas pendidikan agar pendidikan ilmu akuntansi bisa mengikuti perkembangan zaman.

1.2    Batasan Masalah

Adapun batasan masalah yang akan dibahas pada makalah ini sebagai berikut:
1.      Seberapa penting ilmu akuntasi perlu dipelajar.
2.      Cara agar ilmu akuntansi dapat berkembang di dunia pendidikan.

1.3    Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini sebagai berikut:
1.      Bagaimana keadaan pendidikan ilmu akuntansi sekarang?
2.      Mengapa ilmu akuntansi perlu dipelajari?
3.      Bagaimana cara pendidikan ilmu akuntansi dapat berkembang?

1.4    Tujuan

Adapun tujuan dari makalah ini sebagai berikut:
1.      Menjelaskan keadaan pendidikan ilmu akuntansi sekarang.
2.      Menjelaskan ilmu akuntansi perlu dipelajari.
3.      Menjelaskan cara pendidikan ilmu akuntansi dapat berkembang.

1.5    Manfaat

Dapat mengetahui pentingnya kualitas pendidikan ilmu akuntansi untuk mengikuti perkembangan zaman yang sedang terjadi. Dapat menjadi acuan untuk terus memajukan pendidikan akuntasi.







BAB II                                                                                                          PEMBAHASAN



2.1 Kajian Pustaka

2.1.1 Pengertian Akuntansi


                Akuntasi adalah suatu pencatatan, penjurnalan dan pembukuan kegiatan ekonomi sehingga menghasilkan suatu laporan keuangan yang dapat diinformasikan kepada pihak yang membutuhkan.
“Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk membuat pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat bagi pemakai informasi tersebut. Termasuk keharusan bagi akuntansi” (H. Lili M. Sadeli, 2009, hal. 2).
Seperti yang telah disampaikan oleh pendapat diatas akuntansi merupakan suatu proses mencatat dan melaporkan suatu informasi ekonomi kepada yang membutuhkan agar pemakai informasi tersebut dapat mengambil keputusan yang tepat untuk kondisi yang sedang terjadi.
            Sementara itu pihak yang memakai informasi tersebut terdiri pihak dari dalam perusahaan seperti direktur dan manajer keuangan suatu perusahaan, serta dari pihak luar seperti investor yang akan menanamkan modalnya diperusahaan tersebut, bank yang akan memberikan pinjaman kredit, dan lembaga pemerintahan juga membutuhkan informasi akuntansi suatu perusahaan untuk tujuan perpajakan. Maka dapat disimpulkan bahwa akuntansi itu sangat penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan.
            Akuntansi memiliki pedoman dalam menyusun laporan keuangan, yaitu disebut dengan prinsip akuntansi. Penyusunan prinsip akuntansi menjadi tanggung jawab dari organisasi akuntansi, untuk di Indonesia disusun oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). Prinsip akuntansi yang disusun oleh IAI sekarang sudah mengadaptasi dari standar akuntantasi internasional terbaru yang dikeluarkan  oleh IASB yaitu IFRS.
            Sejalan dengan kemajuan teknologi dan ekonomi menimbulkan berbagai macam spesialisasi dalam akuntansi seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi pajak, akuntansi pemerintahan, akuntansi sosial, akuntansi internasional dan akuntansi pendidikan. Ada juga auditing yang aktivitasnya berfokus pada suatu pemeriksaan atas catatan-catatan  akuntansi. Akuntan yang memberikan jasa pemeriksaan akuntansi ini disebut akuntan publik.

2.1.2 Pengertian Pendidikan


Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting karena dapat merubah dunia menjadi lebih baik, dengan pendidikan seseorang bisa mendapat ilmu pengetahuan yang berguna dan dapat meningkatkan kemampuan dirinya sehingga ia bisa menjadi seseorang yang sukses dan berhasil dikehidupannya.
.....pendidikan adalah kunci kemajuan semua bidang. Oleh karenanya, argumentasi pendidikan sebagai hak asasi manusia perlu dikembangkan menjadi pendidikan adalah alat pembangunan sosial dan ekonomi.” (Bastian, 2007, hal. 11)
            Dari uraian diatas sudah diperjelas bahwa pendidikan itu sangat penting dan dapat menghasilkan kemajuan dalam semua bidang. Karena melalui pendidikan kesempatan seseorang untuk memperoleh ilmu dan keterampilan akan terbuka. Di Indonesia sendiri sudah terdapat dasar hukum tentang penyelenggaraan pendidikan, yaitu :
1.      Undang-undang Dasar tahun 1945, yaitu pasal 31 UUD 1945, pasal 1 dan pasal 2.
Pasal (1): Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran.
Pasal (2): Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pengajaran nasional, yang diatur Undang-undang.
2.      Undang-undang  No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

2.2 Pembahasan

2.2.1 Keadaan Pendidikan Ilmu Akuntansi Sekarang

 

            Kemajuan pendidikan di Indonesia tentu saja dapat merubah negara kearah yang lebih baik lagi, begitu pula dengan kemajuan pendidikan ilmu akuntansi di Indonesia sangat berpengaruh kepada kemajuan negara apalagi saat ini sudah memasuki era globalisasi. Di Indonesia sendiri pendidikan ilmu akuntansi sudah dimulai dari tingkat sekolah menengah atas yang bersifat umum maupun yang kejuruan, untuk SMK dengan jurusan akuntansi sudah banyak berdiri di Indonesia, tentu saja jurusan akuntansi SMK mendidik dan melatih siswa-siswi dengan mendalam tentang ilmu akuntansi sehingga ketika lulus bukan hanya bisa melanjutkan ke tingakat perguruan tinggi namun sudah siap di dunia kerja. Berbeda di SMA pelajaran akuntansi baru dipelajari di kelas XI, itu pun hanya bagi siswa yang memilih masuk ke jurusan IPS, ilmu akuntansi yang dipelajari pun tidak sedalam di SMK, karena disesuaikan dengan kurikulum yang diberlakukan oleh pemerintah. Tahun 2013 ini pemerintah telah mengeluarkan kurikulum baru untuk menggantikan kurikulum  KTSP yang sebelumnya berlaku, kurikulum 2013 ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Meskipun kualitas pendidikan tidak akan berubah jika tidak ada kemajuan dari pihak tenaga pengajar dan juga kelengkapan sarana prasarana.
Selain itu juga melalui kurikulum 2013 pemerintah ingin meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru yang melaksanakan kurikulum 2013 ini harus benar-benar cerdas, aktif, kreatif dan inovatif. Namun yang perlu mendapat sorotan lebih tajam adalah dari sisi pelatihan terhadap guru-gurunya. Apabila kurikulum 2013 ini ingin berjalan secara baik, maka perlu dilakukan pelatihan pada tenaga pengajarnya dan perangkat lain yang terlibat karena ia merupakan suatu sistem (mata rantai).” (Liana, 2013)
            Untuk tingkat perguruan tinggi sudah hampir seluruhnya memiliki progam studi akuntasi dengan kualitas yang berbeda-beda sesuai dengan akreditasnya masing-masing, bahkan setiap tahunnya progam akuntansi banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru yang akan masuk ke perguruan tinggi, sehingga meminbulkan persaingan yang ketat.

2.2.2 Ilmu Akuntansi Perlu Dipelajari


            Alasan kenapa akuntansi perlu dipelajari karena seiring perkembangan zaman, tingkat pertumbuhan ekonomi pun berkembang banyak perusahaan jasa maupun perusahaan dagang baru bermunculan, baik itu perusahaan besar atau perusahaan kecil menengah pasti membutuhkan laporan keuangan untuk melihat pendapatan dan pengeluaran yang terjadi diperusahaannya. menyusunan laporan keuangan bukanlah hal yang mudah dibutuhkan ketelitian, kejujuran dan pengetahuan bagaimana teknik pencatatan kegiatan ekonomi yang baik, itu semua dapat diketahui dengan mempelajari akuntansi. Selain itu akuntansi diperlukan hampir disemua bidang tidak hanya dibidang bisnis saja, seperti sektor pemerintahan juga membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui arus kas negara, perpajakan, hutang negara, dan masalah ekonomi lainnya.  Untuk sektor pendidikan memperlukan informasi akuntansi agar dapat menentukan prioritas dalam pembangunan perlengkapan sarana pendidikan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari juga membutuhkan catatan keuangan agar terhindar dari keborosan, maka akuntansi itu perlu dipelajari.
            Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa akuntansi itu banyak dibutuhkan diberbagai bidang, peminat untuk menjadi seorang akuntan pun meningkat, sehingga persaingan untuk masuk progam studi akuntansi di perguruan tinggi menjadi meningkat, bukan hanya itu tetapi ketika sudah lulus pun persaingan di dunia kerja semakin ketat, maka setiap akuntan harus memiliki kualitas, kinerja dan profesional dalam berkerja, bukan hanya mengerti ilmu akuntansi dengan baik saja tetapi memiliki sikap dan moral yang baik juga, sehingga dapat unggul dari akuntan lainnya didalam dunia kerja. Oleh karena itu seorang akuntan harus mempersiapkan dirinya untuk menjadi akuntan yang baik sedini mungkin, salah satunya dengan menempuh pendidikan dengan baik.

2.2.3 Cara Pendidikan Akuntansi Dapat Berkembang


                Pendidikan ilmu akuntansi yang baik akan menghasilkan akuntan yang baik juga, sarana untuk mempelajari akuntansi sudah mudah ditemui mulai dari tingkat sekolah atas sampai tingkat perguruan tinggi, namun kualitasnya harus berkembang mengikuti perkembangan zaman yang terjadi. Pemerintah sudah menjalankan tugasnya mengembangkan pendidikan dengan mengeluarkan kurikulum baru yang lebih baik dari sebelumnya, tetapi dengan berlakunya kurikulum baru selalu ada kendala yang muncul sehingga menghambat kurikulum tersebut berjalan dengan baik, seperti pihak pengajar tidak menyetujui kurikulum yang ditawarkan dan sedikitnya buku penunjang kurikulum. Maka perlu dilakukan dukungan serta peran aktif dari berbagai pihak agar pendidikan khususnya pendidikan ilmu akuntansi dapat berkembang dengan baik, seperti tersedianya tenaga pengajar yang berkualitas baik, efektivitas pengembangan pihak pengajar, tercukupinya buku-buku penunjang pendidikan yang berkualitas baik, beserta fasilitas lain yang memadai dan juga manajemen dari pihak sekolah atau perguruan tinggi yang baik sehingga dapat menjalankan sistem belajar mengajar dengan sempurna.
Selain itu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam proses belajar dapat diberlakukan, sehingga peserta didik tidak hanya belajar secara teori saja melainkan belajar praktek langsung melalui aplikasi komputer, tentu ini akan memberikan kemampuan lebih kepada peserta didik dalam mengaplikasikan akuntansi kedalam teknologi yang ada dan dapat mengikuti kemajuan zaman dengan baik.



BAB III                                                                                                                   PENUTUP



3.1 Kesimpulan

           
Akuntansi perlu dipelajari karena seiring dengan perkembangan zaman, tingkat pertumbuhan ekonomi pun berkembang banyak perusahaan jasa maupun perusahaan dagang baru bermunculan, semua perusahaan tersebut pasti membutuhkan laporan keuangan untuk melihat pendapatan dan pengeluaran yang terjadi diperusahaannya.
Ilmu akuntansi sudah dapat dipelajari mulai dari tingkat sekolah menengah atas dan tingkat perguruan tinggi. Kualitas pendidikan akuntansi harus mengikuti zaman agar lulusannya menjadi seorang akuntan yang dapat bersaing di dunia kerja dengan baik.pemerintah sudah menujang perkembangan pendidikan melalui kurikulum yang baru, tetapi tetap membutuhkan dukungan serta peran aktif dari berbagai pihak agar perkembangan pendidikan khususnya pendidikan ilmu akuntansi dapat berjalan dengan lancar.

3.2 Saran


                Perkembangan pendidikan khususnya pendidikan ilmu akuntansi haruslah diperhatikan karena akuntansi sangat dibutuhkan diberbagai bidang bukan hanya  dalam bidang bisnis saja, tidak hanya mengandalkan pemerintah saja tetapi ikut serta dalam pengembangannya, agar kualitas pendidikan ilmu akuntansi dapat mengikuti kemajuan zaman yang sedang terjadi.








DAFTAR PUSTAKA

 

Bastian, I. (2007). Akuntansi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
H. Lili M. Sadeli, M. (2009). Dsar-dasar Akuntansi. jakarta: Bumi Aksara.
Liana, R. (2013, Juli 28). Kualitas Pendidikan Indonesia. Dipetik Desember 24, 2013, dari ristiliana.blogspot.com: http://ristiliana.blogspot.com/2013/07/analisa-kurikulum-2013-pada-mata.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentarnya yaa...
TERIMA KASIH sudah baca..