PERKEMBANGAN ILMU AKUNTANSI DI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
MAKALAH
diajukan untuk
memenuhi tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia
Oleh
KATA PENGANTAR
Puji dan syurkur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
rahmat dan karunia-Nya makalah yang berjudul
Perkembangan Ilmu Akuntansi di Dalam Dunia Pendidikan dapat terselesaikan tepat
pada waktunya.
Penulisan
dan pembuatan makalah ini bertujuan untuk menyelesaikan salah satu tugas dari
mata kuliah Bahasa Indonesia di Universitas
Namun
dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan baik secara teknis
maupun secara materi, oleh karena itu saran dan kritik sangat penulis harapkan
demi penyempurnaan makalah ini.
Dalam
pembuatan makalah ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada
semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan pembuatan makalah ini, terutama
kepada Bapak selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia
yang telah memberikan bimbingan dan saran sehingga makalah ini dapat
terselesaikan dengan baik.
Semoga
makalah yang telah penulis susun ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca
dan khususnya bagi penulis sendiri.
Bandung,
Desember 2013
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Akuntansi
sangat dibutuhkan diberbagai bidang usaha dan lembaga, karena setiap pencatatan
mengenai keuangan yang berupa penerimaan maupun pengeluaran akan menghasilkan
laporan keuangan yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk mengetahui
apakah perusahaan itu untung atau rugi, sehingga perusahaan dapat merencanakan
kegiatan selanjutnya agar perusahaan bisa terus berjalan dengan baik. Laporan
keuangan tersebut juga dibutuhkan oleh para investor yang akan menanamkan
modalnya diperusahaan tersebut, karena investor tersebut perlu mempertimbangkan
apakah perusahaan itu memiliki keuangan yang sehat sehingga mereka aman
menanamkan modalnya disana.
Dalam
perusahaan jasa maupun perusahaan dagang membutuhkan seorang akuntan yang profesional,
yaitu seorang akuntan yang andal dan teliti dalam berkerja, serta jujur dalam
menjalankan tugasnya agar perusahaan tersebut memperoleh laporan keuangan yang
baik dan sebenarnya. karena dengan laporan keuangan yang bermasalah dan tidak
jujur maka kelak akan menimbulkan masalah besar kepada perusahaan tersebut.
Untuk
menciptakan seorang akuntan yang profesional haruslah melalui proses pendidikan
yang baik bukan hanya mengenai pengetahuan akuntansinya saja tetapi secara
moral maupun intelektualnya juga haruslah berkualitas, proses tersebut dapat diperoleh
melalui pendidikan formal seperti di Sekolah Menengah Atas atau Sekolah
Menengah Kejuruan, dan juga ditingkat Perguruan Tinggi.
Seiring
perkembangan zaman pertumbuhan ekonomi terus meningkat sehingga menuntut
kinerja seorang akuntan untuk bisa menjadi lebih produktif dan persaingan pun
semakin ketat baik nasional maupun internasional, maka pendidikan ilmu
akuntansi haruslah berkembang mengikuti keadaan sehingga dapat menghasilkan
akuntan-akuntan yang dibutuhkan dengan berkualitas dan dapat bersaing didunia
kerja.
Tentu saja
perkembangan pendidikan ilmu akuntansi tak bisa terjadi dengan sendirinya, dibutuhkan
peran pemerintah dan dinas pendidikan agar pendidikan ilmu akuntansi bisa
mengikuti perkembangan zaman.
1.2 Batasan Masalah
Adapun batasan masalah yang akan
dibahas pada makalah ini sebagai berikut:
1. Seberapa penting ilmu akuntasi
perlu dipelajar.
2. Cara agar ilmu akuntansi dapat
berkembang di dunia pendidikan.
1.3 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan
dibahas pada makalah ini sebagai berikut:
1. Bagaimana keadaan pendidikan ilmu
akuntansi sekarang?
2. Mengapa ilmu akuntansi perlu
dipelajari?
3. Bagaimana cara pendidikan ilmu
akuntansi dapat berkembang?
1.4 Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini
sebagai berikut:
1. Menjelaskan keadaan pendidikan
ilmu akuntansi sekarang.
2. Menjelaskan ilmu akuntansi perlu
dipelajari.
3. Menjelaskan cara pendidikan ilmu
akuntansi dapat berkembang.
1.5 Manfaat
Dapat mengetahui pentingnya kualitas pendidikan ilmu
akuntansi untuk mengikuti perkembangan zaman yang sedang terjadi. Dapat menjadi
acuan untuk terus memajukan pendidikan akuntasi.
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Kajian Pustaka
2.1.1 Pengertian Akuntansi
Akuntasi adalah suatu pencatatan, penjurnalan dan pembukuan
kegiatan ekonomi sehingga menghasilkan suatu laporan keuangan yang dapat
diinformasikan kepada pihak yang membutuhkan.
“Akuntansi adalah proses mengidentifikasi,
mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk membuat pertimbangan dan
mengambil keputusan yang tepat bagi pemakai informasi tersebut. Termasuk
keharusan bagi akuntansi” (H. Lili M. Sadeli, 2009, hal. 2).
Seperti yang
telah disampaikan oleh pendapat diatas akuntansi merupakan suatu proses
mencatat dan melaporkan suatu informasi ekonomi kepada yang membutuhkan agar
pemakai informasi tersebut dapat mengambil keputusan yang tepat untuk kondisi
yang sedang terjadi.
Sementara
itu pihak yang memakai informasi tersebut terdiri pihak dari dalam perusahaan seperti
direktur dan manajer keuangan suatu perusahaan, serta dari pihak luar seperti
investor yang akan menanamkan modalnya diperusahaan tersebut, bank yang akan
memberikan pinjaman kredit, dan lembaga pemerintahan juga membutuhkan informasi
akuntansi suatu perusahaan untuk tujuan perpajakan. Maka dapat disimpulkan
bahwa akuntansi itu sangat penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan.
Akuntansi
memiliki pedoman dalam menyusun laporan keuangan, yaitu disebut dengan prinsip
akuntansi. Penyusunan prinsip akuntansi menjadi tanggung jawab dari organisasi
akuntansi, untuk di Indonesia disusun oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).
Prinsip akuntansi yang disusun oleh IAI sekarang sudah mengadaptasi dari
standar akuntantasi internasional terbaru yang dikeluarkan oleh IASB yaitu IFRS.
Sejalan
dengan kemajuan teknologi dan ekonomi menimbulkan berbagai macam spesialisasi
dalam akuntansi seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi
biaya, akuntansi pajak, akuntansi pemerintahan, akuntansi sosial, akuntansi
internasional dan akuntansi pendidikan. Ada juga auditing yang aktivitasnya
berfokus pada suatu pemeriksaan atas catatan-catatan akuntansi. Akuntan yang memberikan jasa
pemeriksaan akuntansi ini disebut akuntan publik.
2.1.2 Pengertian Pendidikan
Pendidikan
merupakan sesuatu yang sangat penting karena dapat merubah dunia menjadi lebih
baik, dengan pendidikan seseorang bisa mendapat ilmu pengetahuan yang berguna
dan dapat meningkatkan kemampuan dirinya sehingga ia bisa menjadi seseorang yang
sukses dan berhasil dikehidupannya.
. “....pendidikan
adalah kunci kemajuan semua bidang. Oleh karenanya, argumentasi pendidikan
sebagai hak asasi manusia perlu dikembangkan menjadi pendidikan adalah alat
pembangunan sosial dan ekonomi.” (Bastian, 2007, hal. 11)
Dari
uraian diatas sudah diperjelas bahwa pendidikan itu sangat penting dan dapat
menghasilkan kemajuan dalam semua bidang. Karena melalui pendidikan kesempatan
seseorang untuk memperoleh ilmu dan keterampilan akan terbuka. Di Indonesia
sendiri sudah terdapat dasar hukum tentang penyelenggaraan pendidikan, yaitu :
1.
Undang-undang
Dasar tahun 1945, yaitu pasal 31 UUD 1945, pasal 1 dan pasal 2.
Pasal (1): Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran.
Pasal (2): Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan suatu
sistem pengajaran nasional, yang diatur Undang-undang.
2.
Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.2 Pembahasan
2.2.1 Keadaan Pendidikan Ilmu Akuntansi Sekarang
Kemajuan
pendidikan di Indonesia tentu saja dapat merubah negara kearah yang lebih baik
lagi, begitu pula dengan kemajuan pendidikan ilmu akuntansi di Indonesia sangat
berpengaruh kepada kemajuan negara apalagi saat ini sudah memasuki era
globalisasi. Di Indonesia sendiri pendidikan ilmu akuntansi sudah dimulai dari
tingkat sekolah menengah atas yang bersifat umum maupun yang kejuruan, untuk
SMK dengan jurusan akuntansi sudah banyak berdiri di Indonesia, tentu saja
jurusan akuntansi SMK mendidik dan melatih siswa-siswi dengan mendalam tentang
ilmu akuntansi sehingga ketika lulus bukan hanya bisa melanjutkan ke tingakat
perguruan tinggi namun sudah siap di dunia kerja. Berbeda di SMA pelajaran akuntansi
baru dipelajari di kelas XI, itu pun hanya bagi siswa yang memilih masuk ke
jurusan IPS, ilmu akuntansi yang dipelajari pun tidak sedalam di SMK, karena
disesuaikan dengan kurikulum yang diberlakukan oleh pemerintah. Tahun 2013 ini
pemerintah telah mengeluarkan kurikulum baru untuk menggantikan kurikulum KTSP yang sebelumnya berlaku, kurikulum 2013
ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Meskipun
kualitas pendidikan tidak akan berubah jika tidak ada kemajuan dari pihak
tenaga pengajar dan juga kelengkapan sarana prasarana.
“Selain itu juga
melalui kurikulum 2013 pemerintah ingin meningkatkan kualitas guru dalam
melaksanakan pembelajaran. Guru yang melaksanakan kurikulum 2013 ini harus
benar-benar cerdas, aktif, kreatif dan inovatif. Namun yang perlu mendapat
sorotan lebih tajam adalah dari sisi pelatihan terhadap guru-gurunya. Apabila
kurikulum 2013 ini ingin berjalan secara baik, maka perlu dilakukan pelatihan
pada tenaga pengajarnya dan perangkat lain yang terlibat karena ia merupakan
suatu sistem (mata rantai).” (Liana, 2013)
Untuk
tingkat perguruan tinggi sudah hampir seluruhnya memiliki progam studi akuntasi
dengan kualitas yang berbeda-beda sesuai dengan akreditasnya masing-masing,
bahkan setiap tahunnya progam akuntansi banyak diminati oleh para calon
mahasiswa baru yang akan masuk ke perguruan tinggi, sehingga meminbulkan
persaingan yang ketat.
2.2.2 Ilmu Akuntansi Perlu Dipelajari
Alasan
kenapa akuntansi perlu dipelajari karena seiring perkembangan zaman, tingkat
pertumbuhan ekonomi pun berkembang banyak perusahaan jasa maupun perusahaan
dagang baru bermunculan, baik itu perusahaan besar atau perusahaan kecil
menengah pasti membutuhkan laporan keuangan untuk melihat pendapatan dan
pengeluaran yang terjadi diperusahaannya. menyusunan laporan keuangan bukanlah
hal yang mudah dibutuhkan ketelitian, kejujuran dan pengetahuan bagaimana
teknik pencatatan kegiatan ekonomi yang baik, itu semua dapat diketahui dengan
mempelajari akuntansi. Selain itu akuntansi diperlukan hampir disemua bidang tidak
hanya dibidang bisnis saja, seperti sektor pemerintahan juga membutuhkan
informasi akuntansi untuk mengetahui arus kas negara, perpajakan, hutang
negara, dan masalah ekonomi lainnya. Untuk
sektor pendidikan memperlukan informasi akuntansi agar dapat menentukan prioritas
dalam pembangunan perlengkapan sarana pendidikan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari
juga membutuhkan catatan keuangan agar terhindar dari keborosan, maka akuntansi
itu perlu dipelajari.
Seperti
yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa akuntansi itu banyak dibutuhkan
diberbagai bidang, peminat untuk menjadi seorang akuntan pun meningkat,
sehingga persaingan untuk masuk progam studi akuntansi di perguruan tinggi menjadi
meningkat, bukan hanya itu tetapi ketika sudah lulus pun persaingan di dunia
kerja semakin ketat, maka setiap akuntan harus memiliki kualitas, kinerja dan
profesional dalam berkerja, bukan hanya mengerti ilmu akuntansi dengan baik
saja tetapi memiliki sikap dan moral yang baik juga, sehingga dapat unggul dari
akuntan lainnya didalam dunia kerja. Oleh karena itu seorang akuntan harus
mempersiapkan dirinya untuk menjadi akuntan yang baik sedini mungkin, salah
satunya dengan menempuh pendidikan dengan baik.
2.2.3 Cara Pendidikan Akuntansi Dapat Berkembang
Pendidikan ilmu akuntansi yang baik akan menghasilkan akuntan yang
baik juga, sarana untuk mempelajari akuntansi sudah mudah ditemui mulai dari
tingkat sekolah atas sampai tingkat perguruan tinggi, namun kualitasnya harus
berkembang mengikuti perkembangan zaman yang terjadi. Pemerintah sudah
menjalankan tugasnya mengembangkan pendidikan dengan mengeluarkan kurikulum
baru yang lebih baik dari sebelumnya, tetapi dengan berlakunya kurikulum baru
selalu ada kendala yang muncul sehingga menghambat kurikulum tersebut berjalan
dengan baik, seperti pihak pengajar tidak menyetujui kurikulum yang ditawarkan
dan sedikitnya buku penunjang kurikulum. Maka perlu dilakukan dukungan serta
peran aktif dari berbagai pihak agar pendidikan khususnya pendidikan ilmu
akuntansi dapat berkembang dengan baik, seperti tersedianya tenaga pengajar
yang berkualitas baik, efektivitas pengembangan pihak pengajar, tercukupinya
buku-buku penunjang pendidikan yang berkualitas baik, beserta fasilitas lain
yang memadai dan juga manajemen dari pihak sekolah atau perguruan tinggi yang
baik sehingga dapat menjalankan sistem belajar mengajar dengan sempurna.
Selain itu
dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam proses belajar dapat diberlakukan,
sehingga peserta didik tidak hanya belajar secara teori saja melainkan belajar
praktek langsung melalui aplikasi komputer, tentu ini akan memberikan kemampuan
lebih kepada peserta didik dalam mengaplikasikan akuntansi kedalam teknologi
yang ada dan dapat mengikuti kemajuan zaman dengan baik.
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Akuntansi perlu dipelajari karena seiring dengan perkembangan
zaman, tingkat pertumbuhan ekonomi pun berkembang banyak perusahaan jasa maupun
perusahaan dagang baru bermunculan, semua perusahaan tersebut pasti membutuhkan
laporan keuangan untuk melihat pendapatan dan pengeluaran yang terjadi
diperusahaannya.
Ilmu akuntansi sudah dapat dipelajari mulai dari tingkat sekolah
menengah atas dan tingkat perguruan tinggi. Kualitas pendidikan akuntansi harus
mengikuti zaman agar lulusannya menjadi seorang akuntan yang dapat bersaing di
dunia kerja dengan baik.pemerintah sudah menujang perkembangan pendidikan
melalui kurikulum yang baru, tetapi tetap membutuhkan dukungan serta peran
aktif dari berbagai pihak agar perkembangan pendidikan khususnya pendidikan
ilmu akuntansi dapat berjalan dengan lancar.
3.2 Saran
Perkembangan
pendidikan khususnya pendidikan ilmu akuntansi haruslah diperhatikan karena
akuntansi sangat dibutuhkan diberbagai bidang bukan hanya dalam bidang bisnis saja, tidak hanya
mengandalkan pemerintah saja tetapi ikut serta dalam pengembangannya, agar
kualitas pendidikan ilmu akuntansi dapat mengikuti kemajuan zaman yang sedang
terjadi.
DAFTAR PUSTAKA
Bastian, I. (2007). Akuntansi Pendidikan.
Jakarta: Erlangga.
H. Lili M. Sadeli, M. (2009). Dsar-dasar
Akuntansi. jakarta: Bumi Aksara.
Liana, R. (2013, Juli 28). Kualitas Pendidikan
Indonesia. Dipetik Desember 24, 2013, dari ristiliana.blogspot.com:
http://ristiliana.blogspot.com/2013/07/analisa-kurikulum-2013-pada-mata.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon Komentarnya yaa...
TERIMA KASIH sudah baca..