SAILOR MOON

SAILOR MOON

Minggu, 19 Januari 2014

SOSIOLOGI CONTOH KELOMPOK SOSIAL

CONTOH KELOMPOK SOSIAL


TEMAN SEKELAS
Teman sekelas adalah termasuk kedalam klasifikasi kelompok sosial In Group (kelompok dalam) karena mereka adalah sekelompok orang yang memiliki rasa solidaritas, kesetiaan, dan kerelaan berkorban untuk kepentingan dalam kelompoknya. Pada in group terdapat identitas yang membedakan antara orang didalam kelompok dan diluar kelompok. Identitas yang dimiliki bersama di dalam kelompok menjadi kami  atau milik kami, dan menyebutkan kelompok luar sebagai mereka.
Proses pembentukan kelompok sosialnya adalah karena adanya faktor kepentigan yang sama (common interest)  yaitu kepentingan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.



           

PERSAHABATAN
Persahabatan termasuk kedalam kelompok sosial karena setiap anggotanya memiliki kesadaran jenis dan hubungan antaranggota terjalin, tetapi tidak terikat dalam organisasi dan tidak memiliki aturan & mekanisme keanggotaan secara formal. Klasifikasi kelompok sosialnya termasuk kedalam Kelompok Primer (Primary group) karena persahabatan  memiliki ciri :
·         Memiliki anggota sedikit (kurang dari 30 orang anggota)
·         Hubungan antaranggota bersifat pribadi, akrab dan mengutamakan komunikasi tatap muka
·         Kebersamaan setiap anggota dalam kelompok relatif lama
·         Bersifat informal, santai, dan saling tertarik
·         Saling mengenal dengan baik antaranggota kelompok sehingga mempunyai perarasaan loyalitas
Proses pembentukannya didorong oleh faktor dorongan untuk mempertahankan hidup karena manusia sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan orang lain dalam hidupnya.
     

UNJTUK RASA / DEMONSTRASI
Unjuk rasa termasuk kedalam tipe kelompok tak teratur karena semua anggota berkumpul disuatu tempat pada waktu yang sama karena pusat perhatian/tujuan yang sama. Klasifikasi kelompok sosialnya termasuk kedalam kelompok semu massa, karena massa adalah sekumpulan orang yang berinteraksi secara langsung didordong adanya persamaan minat, perhatian, kepentingan, dan tujuan. Pembentukan massa dapat disengaja atau secara spontan.
Proses pembentukannya karena didasari oleh faktor kepentingan yang sama yaitu semua anggota mempunyai pendapat yang sama dan ingin menunjukan rasa protesnya kepada pihak yang bersangkutan.


PENONTON KONSER MUSIK
Penonton konser musik termasuk dalam tipe kelompok tak teratur karena semua anggota berkumpul disuatu tempat pada waktu yang sama karena pusat perhatian yang sama,tetapi diantara mereka tidak saling  melakukan interakasksi sosial satu dengan yang lain, keberadaan mereka karena adanya pusat perhatian yang sama dan menarik perhatian bagi mereka. Klasifikasi kelompok sosialnya adalah kelompok semu kerumunan karena terkait kepentingan sesaat dan bersifat sementara juga tidak terorganisasi, kerumunan akan segera berakhir jika orang-orang membubarkan diri karena pusat perhatiannya sudah hilang dan kebutuhannya terpenuhi.
Proses pembentukannya karena didasari oleh faktor kepentingan yang sama yaitu mereka sama-sama mencari suatu hiburan dengan menonton konser musik.   

KELUARGA
Keluarga termasuk kedalam kelompok sosial tipe kelompok sosial yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan hubungan antaranggota terjalin tetapi tidak terikat dalam suatu organisasi. Klasifikasi kelompok sosialnya adalah Paguyuban (Gemeinschaft) lebih tepatnya Paguyuban karena ikatan darah (gemeinschaft by blood) yang mengacu pada kekerabatan atau didasarkan pada ikatan darah atau keturunan. Ciri-ciri gemeinschaft adalah:
·         Dasar hubungannya adalah cinta dan rasa persatuan batin yang dikodratkan
·         Bersifat nyata dan organis
·         Bentuknya dapat dijumpai dalam bentuk keluarga dan kelompok kekerabatan
·         Personal (berkepribadian jelas)
·         Informal
·         Tradisional
·         Sentimental
·         umum
Proses pembentukan keluarga didorong oleh faktor meneruskan keturunan yaitu pria dan wanita menikah  untuk memiliki anak sehingga dapat meneruskan keturunan mereka.



PARTAI POLITIK
Partai politik termasuk kedalam  tipe kelompok organisasi formal karena dibentuk untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tiap angota dari organisasi formal merasa menjadi bagian dari organisasi tersebut, sadar akan tugas dan perkerjaan mereka masing-masing. Tiap anggota melakukan komunikasi dan hubungan sosial serta kerja sama guna mewujudkan apa yang menjadi tujuan bersama. Keberhasilan  adalah prestasi bersama hasil kerja keras yang dilakukan oleh seluruh anggota.
Klasifikasi kelompok sosialnya termasuk kedalam kelompok asosiasi (associational group) karena partai politik merupakan kelompok yang mempuyai kesadaranjenis persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama, serta memiliki ikatan organisasi formal.
Ciri-ciri kelompok asosiasi adalah:
·         Terjadi karena sengaja direncanakan/dibuat
·         Terorganisir dalam suatu wadah
·         Ada interaksi, interlasi, dan komunikasi secara terus-menerus
·         Kesadaran berkelompok sangat kuat
·         Kehadirannya bersifat tetap

Tetapi partai politik bisa menjadi sebagai kelompok acuan (refesensif group) yang dapat mengantarkan mereka sebagai anggota DPR yang menjadi kelompok keanggotaan (membership group) dari setiap anggota partai politik.
Proses pembentukannya karena ada faktor kepentingan yang sama dan didorong oleh faktor untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja para anggotanya.


BOYBAND/GIRLBAND
Boyband/girlband termasuk kedalam klasifikasi kelompok sosial In Group (kelompok dalam) karena mereka adalah sekelompok orang yang memiliki rasa solidaritas, kesetiaan, dan kerelaan berkorban untuk kepentingan dalam kelompoknya. Pada in group terdapat identitas yang membedakan antara orang didalam kelompok dan diluar kelompok. Identitas yang dimiliki bersama di dalam kelompok menjadi kami  atau milik kami, dan menyebutkan kelompok luar sebagai mereka.
Tetapi bisa juga termasuk dalam Klasifikasi kelompok sosial  Paguyuban (Gemeinschaft), yang lebih tepatnya termasuk kedalam Paguyuban karena jiwa dan pikiran (Gemeinschaft of mind) karena mengacu pada suatu hubungan yang dikarenakan persamaan minat, pikiran, hobi , profesi, dan keyakinan.
Proses pembentukannya terjadi karena adanya dorongan mempertahankan hidup karena dijadikan mata pencaharian yang menjanjikan dan juga didasari oleh faktor kepentingan yang sama yaitu mengembangkan bakat dan menjadikannya karier yang profesional.

7 komentar:

Mohon Komentarnya yaa...
TERIMA KASIH sudah baca..