SAILOR MOON

SAILOR MOON

Selasa, 21 Januari 2014

SEJARAH BERDIRINYA PBB (PKN-SMA)



SEJARAH BERDIRINYA PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA (PKN)
Sejarah berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dimulai dengan peristiwa Jerman menyerbu Polandia pada tanggal 1 September 1939, yang menyebabkan perang dunia II.
Perang yang membuat kerusakan dan kesengsaraan mendorong umat manusia untuk mewujudkan perdamaian antarbangsa.

Berikut ini beberapa peristiwa yang merupakan dasar cita-cita pendirian PBB :

Piagam Atlantik (Atlantic Charter)
Piagam ini merupakan hasil perundingan Presidangan Amerika Serikat (F.D.Roosevelt) dan Perdana menteri Inggris (Winston Churchill) pada tanggal 14 Agustus 1941, yang berisi:
1)      Tidak boleh ada perluasan wilayah jika tidak atas kemauan penduduk aslinya.
2)      Segala bangsa berhak menentukan bentuk dan corak pemerintahannya sendiri.
3)      Semua negara diperbolehkan ikut serta dalam perdagangan internasional.
4)      Perdamaian dunia dapat terbentuk agar setiap bangsa dapat bebas dari rasa ketakutan dan kekurangan.

Maklumat PBB (Declaration of United Nations)
Merupakan hasil pertemuan 26 negara di Wanshington, Amerika Serikat. Yang isinya menyutujui beberapa progam yang tercantum  di Atlantic Charter, ditanda tangani pada tanggal 1 januari 1942 oleh 4 pemimpin negara yaitu Maxim Letvinov(Uni Soviet), F.D.Roosevelt(Amerika Serikat), Winston Churchill(inggris), dan T.V.Soong(Cina nasional), serta beberapa kepala negara yang hadir. 

Maklumat Moskow
Pemusyawaratan antarmenteri luar negeri yaitu: V.Molotov(Uni Soviet), Cordel Hull(Amerika Serikat), Anthoni Eden(Inggris), Foo Pingsjen (Cina) di ibu kota Uni Soviet(Moskow) yang dikenal dengan maklumat Moskow, ditanda tangani tanggal 30 Oktober 1943 & berisi bahwa keempat negeri perintis itu mengakui perlunya perdamaian & keamanan internasional, maka perlu didirikan organisasi internasional yang bertujuan untuk perdamaian dunia. 

Dumbarton OakPropposals
Keempat negara yang mentanda tangani Maklumat Moskow, mengadakan pertemuan kembali di Dumbarton Oaks yang dikenal dengan Dumbarton Oaks Propposals. Menurut Dumbarton Oaks Propposals, organisasi dunia akan berdiri akan mempunyai 5 alat kelengkapan yaitu:
  1. Sidang umum
  2. Dewan keamanan
  3. Dewan ekonomi & sosial
  4. Makamah internassional
  5. Seketariat jenderal
Konferensi Yalta
Konferensi ini dimaksudkan untuk mencapai kesepakatan harga suara Dewan Keamanan, Dewan Keamanan memiliki tugas menegakkan perdamaian dunia. Kesepakatan harga suara di Dewan Keamanan tercantum dalam pasal 27 Piagam Perdamaian. Pada konferensi ini juga diputuskan tanggal 25 April 1945 akan dilaksanakan konferensi PBB di San Fransisco. Konferensi Yalta dihadiri 3 pemimpin negara : Roosevelt(Amerika), Stalin(Uni Soviet), Winston Churchill(Inggris). 

Konferensi San Fransisco
Konferensi ini berlangsung tanggal 25-26 April 1945 di Gedung Komedi, dan dihadiri oleh utusan dari 50 negara. Konferensi ini berhasil merumuskan Piagam perdamaian (Charter for Peace) yang dikenal dengan Piagam PBB, piagam ini terdiri dari 19 BAB & 111 Pasal, dan mulai berlaku pada tanggal 24 Oktober 1945 dengan piagam ini PPB dapat melaksanakan tugasnya.

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Mohon Komentarnya yaa...
TERIMA KASIH sudah baca..