SAILOR MOON

SAILOR MOON

Sabtu, 20 Februari 2016

pengertian sosialisasi dan kepribadian (SOSIOLOGI-SMA)



Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma sosial yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya. Berikut pengertian sosialisasi menurut para ahli:

1.      Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup, dan berpikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya. 
2.       Peter Berger
Sosialisasi adalah suatu proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang dapat berpartisipasi didalam masyarakat.
3.       Paul B. Horton
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.
4.       Soerjono Soekanto
Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.
5.      Karel J Veeger
Sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar.
6.      Bruce Cohen
Sosialisasi adalah proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitas untuk berfungsi baik sebagai individu maupun  sebagai anggota kelompok.
7.      Robert M.Z. Lawang
Sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partispasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

Analisa Sosialisasi:
Menurut saya Sosialisasi adalah proses manusia mempelajari tentang tata cara kehidupan, nilai dan norma  yang dilakukan seumur hidupnya agar ia bisa berperan dan berpartisipasi didalam masyarakat dan juga dilingkungannya dengan baik.

Pengertian Kepribadian 

Kepribadian (personality) bukan sebagai bakat kodrati, melainkan terbentuk oleh proses sosialisasi Kepribadian merupakan kecenderungan psikologis seseorang untuk melakukan tingkah laku sosial tertentu, baik berupa perasaan, berpikir, bersikap, dan berkehendak maupun perbuatan. Definisi kepribadian menurut beberapa ahli antara lain sebagai berikut : 

1.      Yinger 
Kepribadian adalah keseluruhan perilaku dari seorang individu dengan system kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian instruksi. 
2.      M.A.W Bouwer 
Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini dan sikap-sikap seseorang. 
3.      Cuber
Kepribadian adalah gabungan keseluruhan dari sifat-sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang. 
4.       Theodore R. Newcombe 
Kepribadian adalah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku.
5.      Koentjaraningrat
Kepribadian sebagai susunan dari unsur-unsur akal dan jiwa yang menentukan tingkah laku atau tindakan seorang individu.
6.      Roucek & Warren
Kepribadian sebagai organisasi faktor-faktor biologis, psikologi, dan sosiologis yang mendasari perilaku seorang individu.

Analisa Kepribadian:
            Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda karena menurut saya kepribadian adalah seluruh sifat-sifat  dan perilaku yang dimiliki oleh setiap individu dan menjadikannya sebagai ciri khas yang membedakan dari individu yang satu dengan individu yang lain.


Hubungan sosialisasi dengan Kepribadian

Kepribadian seseorang terbentuk dari proses sosialisasi yang ia lakukan. Karena setiap orang berada dilingkungan yang berbeda- beda maka kepribadiannya pun  juga berbeda-beda, didalam lingkungan keluarga maupun dilingkungan masyarakat  orang tersebut akan melakukan  proses sosialisasi dan akan mendapatkan pengetahuan tentang tata cara kehidupan dan nilai-nilai perilaku yang menjadi cikal bakal dalam pembentuk kepribadiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentarnya yaa...
TERIMA KASIH sudah baca..